www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Berita Penerimaan CPNS Propinsi Jambi ; Jambi Ekspres Kamis 20 November 2008

Hari Ini, Pendaftaran CPNS

 

Thursday, 20 November 2008

Tes Tertulis Serentak 21 Desember

cpns

JAMBI -Panitia penerimaan CPNS Provinsi Jambi serta beberapa Kabupaten dan Kota memastikan hari ini (20/11) pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dimulai.

 

PENERIMAAN CPNS KPU

Pernyataan ini sekaligus menjawab simpang siur kabar yang ditunggu bagi peminat CPNS. Pendaftaran akan dilaksanakan mulai tanggal 20 November hingga 4 Desember. Sedangkan tes tertulis dilaksanakan tanggal 21 Desember 2008.

“Mulai besok (hari ini, red) hingga tanggal 4 Desember kita akan umumkan penerimaan CPNS, baik di media maupun di kantor-kantor, serentak di Provinsi Jambi,”ujar Syafruddin Effendi, ketua panitia penerimaan CPNS Provinsi Jambi. Disebutkannya selama tenggat waktu hingga tanggal 4 Desember, peminat bisa mendaftarkan diri.

“Mekanismenya seperti biasa, dikirim melalui kantor pos. Sedangkan syarat-syaratnya masih seperti tahun lalu,”sebut Pelaksana tugas Sekda Provinsi ini. Dia mengatakan sebutkannya pengumuman kelulusan admistrasi akan dilaksanakan tanggal 12 Desember. “Nanti ada juga yang tidak lulus seleksi bahan/adimistrasi, mungkin karena jurusan yang diminta tidak sesuai dengan yang dimasukkan oleh pelamar, atau umurnya sudah lewat,”sebutnya.

Sedangkan untuk tes tertulis akan dilaksanakan tanggal 21 Desember 208. “Tempatnya akan ditentukan kemudian, kita akan sesuaikan dengan jumlah pelamar,”sebutnya. Selain itu, kemungkinan menurutnya untuk tes tertulis akan bergabung dengan tes untuk Kota Jambi.

Lebih lanjut dia menyebutkan khusus untuk Pemprov, selain tenaga kesehatan berjumlah 70 orang, ada 48 tenaga teknis yang akan direkrut. “Untuk tenaga teknis, dari 48 orang, 34 diantaranya adalah tenaga auditor atau akuntan SI,”sebutnya. Selain itu, pemerintah juga menyediakan 9 kursi untuk atlet dan pelatih. “Ya, pelatih berkesempatan menjadi PNS di Pemprov sebanyak 9 orang, dengan kualifikasi pendidikan SMA,”sebutnya. Hal ini terkait program balas jasa Menegpora bagi atlet berprestasi di Indonesia.

Disinggung mengenai adanya kemungkinan jalur belakang alias percaloan, dengan tegas dia membantah. “Tidak ada itu, kami berharap masyarakat tidak tergoda oleh oknum yang menjanjikan kelulusan dengan imbalan. Kalulusan ditentukan pusat, dan kita sama-sama mengawasinya,”tegas Syafruddin Effendi.

Tak hanya jalur umum, tahun ini Pemprov juga mengajukan tenaga honorer untuk diangkat. Khusus untuk Pemprov, tahun ini diajukan sebanyak 205 orang. “Dengan syarat sudah masuk data base,”sebutnya. Direncanakan hingga akhir tahun 2009 ini, seluruh honorer yang masuk data base sudah diangkat menjadi tenaga honorer.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terima 337 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Penerimaan CPNS di lingkungan Pemkot Jambi ini terdiri dari 201 tenaga guru, 127 tenaga kesehatan dan sisanya 49 tenaga teknis. KZE Reynold, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (PKD) Kota Jambi yang ditemui Jambi Ekspres, Rabu (19/11) kemarin mengatakan bahwa penerimaan berkas CPNS ini berlangsung Kamis (20/11) hari ini hingga 4 Desember mendatang.

Rincian formasi guru SD sebanyak 56 orang, SMP 72 orang yang mencakup di dalamnya guru pendidikan komputer, penjaskes, kesenian, BK, Fisika, Bahasa Inggris, Geografi dan PAI. Tidak berbeda, guru SMA juga mencakup Formasi

“Berdasarkan peraturan kepegawaian BKN tahun 2007, memang masa untuk penerimaan berkas ini adalah 15 hari. Jadi memang waktunya hingga 4 Desember mendatang, tapi untuk tahun ini penerimaan berkas lamarannya melalui kantor pos,” ungkapnya.

Ini untuk menghindarkan berkas titipan yang biasanya terjadi jika lamaran di tujukan masih kepada BKD Jambi. Sementara itu, syarat dan ketentuan yang mesti dilengkapi oleh pelamar menurut Reynold tidaklah rumit. Diantaranya surat lamaran harus ditulis tangan sendiri yang ditujukan pada walikota jambi.

“Yang pasti foto kopi ijazah terakhir, transkrip nilai yang telah dilegalisir, foto kopi KTP yang masih berlaku dan foto hitam putih 3×4 sebanyak 4 lembar. Khusus untuk pelamar penyandang cacat harus mencantumkan tingkat dan jenis kecacatan serta tugas dan pekerjaan yang akan dilamar,” terangnya.

Bagi pelamar yang mengirimkan berkas sebelum atau sesudah tanggal yang ditentukan dikatakan Reynold tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur. Map yang akan dipergunakan untuk memasukan berkas harus sesuai dengan jenis dan kualifikasi pendidikan. Untuk tenaga kesehatan setingkat SPK dimasukan dalam map warna merah. D II/D III warna hijau, S1 warna biru dan S2 warna kuning.

Di Kabupaten Batanghari, direncanakan hari ini (Kamis, 20/11) penerimaan CPNS Kabupaten Batanghari akan diumumkan. “Insya Allah besok (hari ini, red) penerimaan CPNS untuk Kabupaten Batanghari akan kita umumkan,” jawab Usman A SH, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Batanghari via ponsel kemarin (19/11).

Menurut Usman, untuk formasi dari BKN Pusat yang sudah diterima, Kabupaten Batanghari mendapat jatah sebanyak 331 formasi CPNS 2008, terdiri dari tenaga honorer 201 orang, kesehatan 85 orang, tenaga teknis dan administrasi lainnya 45 orang.

Usman menegaskan, untuk penerimaan CPNS formasi tahun 2008 ini secara teknis dikoordinir oleh Pemprov Jambi, “Apabila sudah diumumkan pelamar sudah bisa mendaftar, kebetulan saya baru saja melakukan koordinasi dengan pihak BKN Pusat, dan untuk penerimaan CPNS formasi 2008 ini seluruh Jambi jadwalnya serentak,” terang Usman yang mengaku masih berada di Jakarta kemarin.

Sedangkan untuk bahan pelamar, dijelaskan Usman, dikirim melalui Pos dan Giro masing-masing Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Sedangkan untuk Kabupaten Batanghari yaitu melalui Pos dan Giro Muarabulian. Bahan-bahan yang harus dilengkapi pelamar yakni, surat permohonan yang disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah, poto kopi sah (dilegalisir) ijazah, transkrip nilai, KTP yang masih berlaku, pas poto hitam putih 3 x 4 cm, “Bahan-bahan itu dikirim melalui Pos dan Giro, untuk Kabupaten Batanghari yaitu di Pos dan Giro Muarabulian. Kalau SKCK dan Kartu Pencaker itu belum, bisanya itu untuk bahan kalau sudah lulus, atau masuk ke tes tertulis,” ujarnya.

Sedangkan untuk persyaratan pendidikan, minimal D3 untuk tenaga teknis dan administrasi lainnya, sedangkan untuk guru SD bisa D2, terdiridari guru kelas dan guru Penjaskes. Dan usia minimal 18 tahun, maksimal 35 tahun

“Kita tidak menerima pelamar yang hanya tamat SMA,” kata Usman.

Di Kabupaten Tanjabtim, Badan Kepegawaian Daerah Tanjab Timur memastikan, pengumuman perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2008 akan segera dimulai. Pengumuman sekaligus pendaftaran akan dimulai besok (hari ini,red) via kantor pos terdekat.
Kepala BKD Tanjab Timur Hasan Hamzah mengungkapkan, setelah mendapatkan persetujuan Mendagri di Jakarta tentang pengajuan formasi dan jadwal pengumuman, akhirnya disepakati pengumuman CPNS akan mulai dilaksanakan tanggal 20 November. ‘’Ya, besok (hari ini, red) kita rencanakan pengumumannya,’’ sebut Hasan Hamzah.
Dari formasi yang diajukan, Pemkab mengusulkan 432 orang yang terdiri dari formasi tenaga umum, honorer dan Sekretaris Desa (Sekdes). Untuk pelamar umum terdiri dari tenaga guru 218 orang, tenaga kesehatan 66 orang dan tenaga tekhnis 46 orang. Sementara, untuk tenaga honorer akan direkrut 63 orang dan Sekretaris Desa (Sekdes) 39 orang.
‘’Semua disetujui, hanya ada beberapa perubahan nama jabatan dari formasi yang kita ajukan,’’ katanya.
Nama jabatan itu, terang Hasan, disesuaikan dengan nama jabatan yang dibutuhkan di daerah masing-masing. Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran tetap menggunakan PT.Pos sebagai fasilisator pengantar berkas lamaran dari pencaker. Batas akhir pendaftaran dibuka selama dua minggu atau berakhir pada tanggal 4 Desember nanti.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Wakil Bupati Bungo Sudirman Zaini menghimbau, kepada masyarakat khususnya para pelamar CPNS, untuk tidak mudah terbujuk rayu, oleh calo CPNS yang ramai bergentayangan, menjelang dibukanya penerimaan CPNS tahun 2008. Himbauan ini disampaikan oleh orang nomor dua di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun itu, mengingat pengalaman pada penerimaan CPNS yang lalu.

“Kasihan masyarakat dibodoh-bodohi dan dibujuk-bujuk untuk memberikan uang, padahal belum tentu lulus, karena mereka (calo-red) juga tidak berkompeten dalam masalah ini, apalagi menjamin 100 persen bisa lulus, makanya saya menghimbau kepada para pelamar atau orang tua pelamar untuk jangan memberikan uang jaminan untuk lulus kepada siapapun”,himbau wabup berulang-ulang kemarin (19/11). Diibaratkannya, seraya banyak kenal para pejabat Badan Kepegawaian Nasional (BKN) karena pernah bekerja di Jakarta, namun tidak mau mengiming-iming masyarakat untuk memberikan uang agar bisa lulus CPNS.

Berbeda dengan daerah lain, penerimaan CPNSD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Merangin hingga kemarin belum diketahui secara pasti hari pembukaannya. Sedangkan yang akan diterima oleh Pemkab Merangin menurut Kepala BKD Merangin Drs H Amrun Yusuf sebanyak 431 orang. Lantaran banyaknya formasi membuat pencari kerja mulai sibuk menguruskan persyaratannnya.

Dan juga bagi para calon pelamar sudah banyak yang mencari informasi atau mendatangi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Merangin. Selain itu, bagi calon pelamar juga sudah mulai melengkapi berkasnya. Salah satunya dengan membuat Kartu Tadan Penduduk (KTP) di Kabupaten Merangin menjadi membludak.

Bahkan karena banyaknya yang membuat KTP di kantor camat, membuat persediaan blanko KTP dan KK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin semakin menipis dan diperkirakan hingga akhir Desember 2008 ini stok blanko KTP dan KK di Kabupaten Merangin habis.

Saat dikonfirmasikan harian ini di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin melalui Kepala Bidang Kependudukan Hasan Basri SIP, dia membenarkan blanko KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menipis. Dari 40 ribu lembar blanko KTP yang dibuat tahun anggaran 2008 ini, hanya tinggal sekitar 1000 lembar lagi. Sedangkan permintaan dari Kecamatan akhir-akhir ini terus meningkat.

‘’Meningkatnya pembuatan KTP juga ada kaitannya dengan akan dibukanya lamaran CPNSD dilingkungan Pemkab Merangin. Selain itu dengan adanya pemekaran kecamatan, sehingga warga berlomba-lomba ingin membuat KTP di kecamatan mereka masing-masing. Padahal bagi KTP yang belum habis masa berlakunya tetap berlaku,’’ papar Hasan Basri menjawab koran ini di ruang kerjanya, kemarin.

Dijelaskannya, untuk tahun anggaran ini blanko KTP yang dibuat sebanyak 40 ribu, tapi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya tidak pernah habis. Kemungkinan tingginya pengambil KTP, lantaran adanya Perda No 16 tahun 2008 tentang Panduan Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Yakni untuk pembuatan KTP di Merangin sejak Juni 2008 lalu tidak dipungut biaya atau KTP gratis. Selain KTP dan KK yang tinggi peminatnya, begitu juga pembuatan Akta Kelahiran yang juga gratis.

Seperti Kabupaten Merangin, penerimaan CPNS di Tanjabar kepastian kapan pendaftaran pembukaan juga belum jelas. Pihak BKD Tanjungjabung Barat hingga kemarin belum menentukan kapan kepastian waktu dan tempat pendaftaran.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Amirul Mu’minin ketika dikonfirmasi terkait kapan pendaftaran CPNSD tidak bisa dihubungi. Bahkan SMS para wartawan tidak dibalas.

Sementara, Kabag Humas Tanjungjabung Barat, Drs Encep Jarkasih kepada wartawan mengatakan, jika tidak ada aral melintang dalam waktu dekat pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat memastikan rekruitmen CPNS Kabupaten Tanjungjabung Barat formasi tahun 2008 segera dibuka pendaftaran. Hal ini menyusul kepastian penyerahan formasi CPNS oleh BKN.

Saat ini, lanjutnya pihak BKD sedang menyiapkan petunjuk teknis pendaftaran CPNS. Bahkan, panitia penerimaan yang sudah dibentuk beberapa waktu lalu telah bekerja keras agar pembukaan CPNS nanti berjalan lancar hingga pelaksanaan tertulis.

Tahun ini, penerimaan CPNS yang tidak hanya diperuntukan untuk jalur umum. Tapi, untuk sekdes juga ada. Khusus untuk Sekdes ini, jumlahnya mencapai 12 orang. Sedangkan Honorer 69, kemudian dari guru, tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis lainnya. Sehingga jumlah CPNSD yang bakal direkrut, dari tenaga honorer dan juga pelamar umum jumlahnya mencapai 417 orang.

Di Kabupaten Kerinci, penerimaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga mulai hari ini (20/11). Bupati Kerinci H Fauzi Siin melalui Sekda H Maaruf Kari mengatakan, penerimaan CPNS kali ini khusus untuk Provinsi Jambi dilaksanakan serempak dimana pendaftaranya dimulai Kamis (20/11) hingga 4 Desember mendatang, sedangkan untuk ujian atau tes tertulis akan diselenggarakan 21 Desember.

“Jadi untuk se provinsi semuanya serentak dan persyaratanya pun juga hampir sama dengan tahun sebelumnya dan dimasukkan di pos,” ungkap Sekda H Maaruf Kari.

Hanya saja kemarin, Sekda mengingatkan kepada pelamar CPNS Kerinci untuk tidak terpengaruh dengan calo ataupun pejabat yang mengagkui bisa dan menyanggupi serta menjamin dalam kelulusan seleksi CPNS ini. “Tes CPNS ini murni dan tak satupun yang bisa menjamin seseorang itu lulus termasuk saya selaku Sekda, apalagi ada pejabat dibawahnya. Yang bisa membuat saudara lulus itu adalah saudara sendriri dan bukan orang lain, perlu dingat jangan mudah terpengaruh bujuk rayu calo,” uarinya.

Jumlah CPNS yang akan diterima oleh Pemkab Kerinci untuk tahun ini berjumlah 432 orang. Jumlah pegawai yang akan diterima itu tidak menglami perubahan sebagaimana yang diusulkan dulunya oleh pemerintah Kabupaten Kerinci. Dimana rinciannya dari 432 orang tersebut meliputi untuk formasi umum sebanyak 243 orang, Honorer sebanyak 98 orang serta untuk Sekdes sebanyak 91 orang.

Di Kabupaten Muarojambi jumlah CPNS yang akan direkrut 345 orang yang terdiri lulusan DII, DIII, dan S1. Sedangkan, untuk lulusan SLTA dan sederajat tidak lagi diterima.

Formasi yang dibutuhkan kali ini yakni untuk tenaga guru 219 orang yang meliputi guru kelas SD dari lulusan DII dan S1, ditambah untuk guru lainnya dari S1. Sebanyak 62 orang dibutuhkan untuk tenaga administrasi dan tenaga teknis yang berasal dari lulusan S1 Hukum, Sastra Inggris, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Akuntansi, serta DIII Komputer. Sedangkan, 54 orang lagi dibutuhkan untuk tenaga kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muarojambi, Drs H Imbang Jaya, mengatakan pendaftaran mulai dibuka Kamis besok bertempat di Kantor BKD yang terletak kompleks perkantoran Bukit Cinto Kenang. Segala sesuatu yang berkaitan dengan persyaratan pendaftaran ditanyakan langsung kepada pegawai BKD atau pengumuman.

‘’Pendaftaran dibuka mulai Kamis besok (hari ini, red) hingga 20 Desember mendatang. Sedangkan, tes dilaksanakan serentak di seluruh tanah air’’, kata Imbang, kemarin sore.

Khusus untuk lulusan SLTA dan sederajat, sebut Imbang, kali ini tidak dibuka peluang. Ini sesuai dengan formasi yang ditentukan oleh BKN Jakarta.

Sementara itu peminat CPNS di Tebo hari ini mulai mempersiapkan berkas, pasalnya pengumuman penerimaan sudah mulai dibuka. Ini sesuai surat edaran dari Menpan Nomor B/245.P/N.PAN/10/2008 tanggal 31 Oktober 2008 perihal persetujuan rincian Formasi CPNSD tahun 2008.
Alokasi formasi yang dibutuhkan sesuai kualifikasi pendidikan yang disetujui Menpan RI yakni sebanyak 358 orang dengan perincian untuk tenaga guru 236 orang, tenaga kesehatan 74 orang dan tenaga teknis 48 orang. “Tahun ini pelamar umum diberikan peluang besar, yakni 358 orang yang dibutuhkan semuanya direkrut dari pelamar umum. Sedangkan untuk honorer tidak diikutkan karena sudah diusulkan NIP nya ke BKN pusat dan tinggal menunggu turun saja,”tukas Kepala BKD Tebo H Izhar SE didampingi stafnya Ikhyahudin kemarin. (imm/wix/bim/era/zir/uka/jio/wdo/ane/pin)

 

 

KPU Terima 68 CPNS

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi dan Sumater Selatan (Sumsel) terima 68 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Penerimaan CPNS tahun 2008 untuk sekretariat KPU Provinsi se Jambi dan Sumsel terbagi atas 46 CPNS untuk Sumsel dan 22 CPNS untuk Jambi. Keseluruhan formasi ini terdiri dari beberapa kualifikasi pendidikan.

Sayuti Hadim ketua panitia pelaksana CPNS KPU ini dalam rilisnya menyebutkan, selain kualifikasi pendidikan S1 juga diterima pendaftar tamatan D 3. untuk S1 diantaranya terdapat FISIP Ilmu pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Negara. Ada juga Ilmu Hubungan Internasional, S1 Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara.

Selain itu S1 ekonomi Manajemen, Ekonomi akuntansi serta D3 dengan jurusan yang sama. Berikutnya D 3 komputer, komunikasi/humas dan manajemen informatika juga termasuk dalam formasi tahun ini.

Untuk syarat, setiap pelamar harus melampirkan foto copi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir. Surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan sehat, pas foto terakhir 3×4 sebanyak 4 lembar. Untuk standar nilai, IPK pelamar minimal 2.7 untuk S1. lamaran dikirim ke PO NOX 3009 Palembang.

Sayuti juga menyebutkan bahwa usia pelamar maksimal 35 tahun dan bagi pelamar yang berstatus tenaga honorer menyertakan surat pernyataan dari sekretaris KPU kabupetan/kota dan diketahui oleh sekretaris KPU Provinsi.

Berkas lamaran harus diterima paling lambat 24 November hingga 28 November cap Pos. Selanjutnya pendaftaran akan diumumkan masing-masing di KPU provinsi dan seleksi administrasi akan dilakukan di KPU Provinsi Sumsel tanggal 26 November s/d 1 Desember. Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi selanjutnya dapat mengambil tanda peserta ujian dari tangga 2 s/d 3 Desember. (wix)

About these ads

November 20, 2008 - Posted by | Petikan Website

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: