www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Penerimaan CPNS Propinsi Jambi ; Posted Jambi Independen 20 November 2008

Utama: CPNS Daerah Buka Hari Ini
Posted on Thursday, November 20 @ 11:15:00 WIT by udink

Masa Pendaftaran
sampai 4 Desember


Alpadli M & Dedy R,
Kota Jambi

PEMERINTAH Provinsi Jambi dan pemerintah kabupaten/kota hari ini (20/11) mulai membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah. Pengumuman yang ditunggu-tunggu para peminat profesi PNS itu dimuat di Jambi Independent hari ini dan ditempel di kantor-kantor pemerintahan masing-masing daerah.

Pemprov Jambi akan merekrut sebanyak 127 CPNS lewat jalur umum. Sebanyak 70 di antaranya akan direkrut untuk tenaga kesehatan, 48 tenaga teknis, dan 9 untuk pelatih dan atlet. Khusus lowongan untuk pelatih dan atlet baru dibuka tahun ini. 

Dalam keterangannya, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Syafruddin Effendi menjelaskan, pengiriman lamaran dilakukan lewat pos mulai 20 November 2008 sampai 4 Desember 2008. Hasil seleksi administrasi berkas akan diketahui pada 12 Desember 2008.
Dia juga menjelaskan, ujian tertulis akan dilakukan pada 21 Desember 2008 serentak se-Provinsi Jambi. Hasil dari keseluruhan seleksi, lanjut Sekda, akan diketahui pada 12 Januari 2009.

Sementara itu, Pemkot akan menerima sebanyak 377 CPNS setelah mendapat persetujuan penambahan 59 formasi untuk tenaga kesehatan. Plt Sekda Kota Jambi Husin Kasim mengatakan, penambahan itu diperlukan untuk memenuhi tenaga kesehatan di RSUD H Abdul Manap yang baru diresmikan.

Tenaga guru masih mendominasi kebutuhan Pemkot tahun ini, yakni 201 formasi. Sedangkan untuk tenaga kesehatan dibuka 127 formasi dan tenaga teknis 49 formasi. “Itu semua untuk perekrutan di jalur umum tahun ini,” katanya.

Pemkab Tanjab Timur akan merekrut 432 CPNS lewat jalur umum, honorer, dan sekretaris desa (sekdes). Pelamar umum akan diterima sebanyak 218 guru, 66 tenaga kesehatan, dan 46 tenaga teknis. Sedangkan honorer akan direkrut 63 CPNS dan sekdes 39.
Kepala BKD Tanjab Timur Hasan Hamzah mengakui bahwa Tanjab Timur memang memrioritaskan perekrutan tenaga guru. Selain itu, perekrutan kali ini dibatasi hanya bagi pencari kerja dengan latar belakang pendidikan S-1 dan D-3.

Di Batanghari, kebutuhan terbanyak juga tenaga guru. Tahun ini Pemkab setempat akan merekrut sebanyak 331 CPNS, 201 di antaranya guru. Sisanya, 85 formasi untuk tenaga kesehatan dan 45 formasi tenaga teknis dan administrasi lainnya.

Menurut Kepala BKD Batanghari Usman A, tahun ini ada kebijakan khusus yang dibuat oleh Pemkab, yakni kesediaan mengabdi selama sepuluh tahun sejak diterima menjadi PNS. Hal itu ditunjukkan CPNS dalam bentuk pernyataan tertulis. 

“Ini untuk mengantisipasi kecenderungan CPNS minta pindah padahal baru saja diterima,” katanya. Dalam beberapa kasus, sering kali CPNS langsung mengajukan surat permohonan pindah segera setelah mendapatkan nomor induk pegawai (NIP). “Kalau begitu, selamanya kita akan kekurangan tenaga,” katanya.

Pemkab Kerinci juga memastikan dibukanya pendaftaran CPNS daerah mulai hari ini. Daerah paling ujung di bagian barat Provinsi Jambi itu akan merekrut setidaknya 432 CPNS. Sebanyak 243 di antaranya akan direkrut lewat jalur umum, 98 lewat jalur honorer, dan 91 lewat jalur sekdes.    

Kasubid Pengadaan dan Pensiun BKD Kerinci Ir Neli Hasmia Ningsih mengatakan, kesempatan terbanyak diberikan kepada guru, yakni sebanyak 133 formasi. Sisanya tenaga kesehatan 63 dan tenaga teknis 47.

Sekda Kerinci H Maaruf Kari mengingatkan agar pelamar CPNS tidak terpengaruh calo atau pejabat yang mengaku bisa menjamin kelulusan. “Tes CPNS ini murni. Tak satu pun yang bisa menjamin seseorang itu lulus, termasuk saya selaku sekda,” katanya.
Sementara itu, Pemkab Sarolangun tahun ini mendapat persetujuan untuk menerima CPNS lebih banyak dari usulan awal 468 orang. Kepala BKD Kabupaten Sarolangun Z Halbunan kemarin (19/11) mengatakan, ada tambahan 50 orang.

Jadi Sarolangun tahun ini akan merekrut sebanyak 518 CPNS. Sebanyak 150 orang di antaranya direkrut lewat jalur honorer. Sayang, Halbunan belum berani membeberkan formasi CPNS yang dibutuhkan dengan alasan belum melapor ke bupati.

KPUD Provinsi Jambi juga menerima CPNS dari kalangan lulusan S-I dan D-III. Sekretaris KPUD Provinsi Jambi Abdul Zaki menyatakan, rekrutmen pegawai KPUD dilakukan seluruh daerah di Indonesia. “Kita di bawah koordinasi Palembang,” ujar pria yang baru dua hari dilantik itu, kemarin.

Di antara sarjana yang dibutuhkan KPUD itu adalah dari jurusan ilmu pemerintahan, politik, administrasi negara dan ilmu hubungan internasional. Lainnya, hukum perdata, pidana, tata negara, dan administrasi negara dan ekonomi manajemen. Sedangkan D-III akan diambil dari jurusan akuntansi, komunikasi/humas dan komputer.  Pendaftaran dibuka selama 24-28 November 2008.(usr/lis/eep/roz/dra/aki)

About these ads

November 21, 2008 - Posted by | Test Penerimaan CPNS

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: