www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Berita Seputar Penerimaan CPNS dari Jambi Independen Selasa 18 November 2008

Utama: Pakai Jaringan, Bawa Surat BKN
Posted on Monday, November 17 @ 21:37:33 WIT by udink

PNS memang masih menjadi daya tarik bagi sebagian besar masyarakat Jambi. Kondisi itulah yang dimanfaatkan para calo untuk menjerat korban. Dalam aksinya para calo juga sangat meyakinkan. Mereka tak segan-segan menjual nama pejabat yang berkompenten dan mengaku kenal orang pusat.

Rominof, misalnya, dalam aksinya tidak bergerak sendiri. Dia memanfaatkan dua rekannya, Sovia Haviz dan Dasmilla, sebagai pencari mangsa dengan imbalan dapat komisi Rp 2 juta per orang.

Untuk meyakinkan para korban, Rominof cs mengaku punya kenalan di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jakarta. Dia juga menunjukkan beberapa surat dengan stempel asli BKN Jakarta. Entah dari mana Rominof mendapatkan itu, yang jelas dia menargetkan mendapatkan uang dari hasil pencaloan CPNS tersebut. Hal itu terbukti di persidangan.

Sekadar mengingatkan, atas perbuatannya, Rominof divonis hakim 2,6 tahun. Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jambi terungkap, dalam setiap aksinya Rominof menargetkan mendapat Rp 15 juta dari setiap korban. Aksi penipuan itu dilakukan pada 2004-2006.
Jika dikalikan jumlah korban sebanyak 54 orang, selama dua tahun beraksi Rominof berhasil meraup dana Rp 810 juta. Jumlah ini bisa lebih, sebab di antara korban ada yang menyetor hingga ratusan juta. 

“Saya dan Dasmila hanya bertugas mencarikan orang yang ingin menjadi CPNS. Yang urus semuanya Rominof,” kata Sovia Havis. Menurut Sovia, dia masuk dalam lingkaran percaloan berawal dari meminta tolong kepada Rominof untuk meloloskan adiknya menjadi CPNS.
Sovia melanjutkan, dia menemui Rominof karena yang bersangkutan mengaku kenal dengan orang dalam BKN. Namun Rominof mengatakan tidak bisa diproses kalau hanya satu orang. “Kebetulan ada beberapa orang juga yang datang kepada saya untuk meminta tolong,” ungkap Sovia yang mengaku sebelumnya pernah mengurusi orang yang ingin menjadi CPNS.

Lebih jauh Sovia mengatakan, dalam aksinya mereka mereka menjanjikan korban bisa diterima sebagai PNS. Korban diharuskan menyerahkan uang antara 25 juta hingga 30 juta untuk tingkat SMA. Sedangkan untuk tingkat D-3 dan sarjana, uang yang disetorkan antara Rp 30 hingga Rp 35 juta.

Setelah menerima uang, kepada setiap korban mereka menjanjikan SK pengangkatan sebagai PNS segera turun. Tapi hingga waktu yang ditentukan, SK tersebut belum juga diterima korban.(lyn)

November 18, 2008 - Posted by | Test Penerimaan CPNS

1 Comment »

  1. peristiwa seperti memang kerap terjadi dikarenakan objek dari calo yang berspekulasi tanpa perhitungan ini melihat peluang yang cukup baik dimana peminat CPNS masih sangatlah banyak. ironisnya individu yang mengharapkan dirinya dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil terkadang masih banyak yang percaya terhadap oknum-oknum yang mengaku dapat merek romendasikan seseorang menjadi PNS. untuk itu saya menghimbau bagi para peminat menjadi PNS jangan pula yakin dan ikut berspekulasi memberikan sejumlah uang kepada oknum yang diceritakan diatas.

    Comment by Azhari | November 19, 2008


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: