www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Berita Seputar Penerimaan CPNS dari Jambi Independen Selasa 18 November 2008

Utama: Calo CPNS Belum Jera
Posted on Monday, November 17 @ 21:35:19 WIT by udink

Pemprov Diminta
Tak Menutupi

alpadli & suci idealin, Kota Jambi

PARA calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) tak jera beraksi setiap kali rekrutmen pegawai pemerintahan dimulai. Padahal sejumlah calo sudah diseret sampai ke meja hijau atas laporan para peminat yang gagal masuk CPNS.

Anggota Fraksi Keadilan Demokrat (FKD) DPRD Provinsi Jambi Syafrudin Dwi Aprianto menengarai bahwa praktik percaloan selalu mencuat di setiap perekrutan CPNS di Provinsi Jambi. Hanya saja, lanjut dia, praktik “jalur belakang” ini sulit dibuktikan.

Dia berharap pemerintah tidak ikut menutup-nutupi praktik percalonan. Justru, katanya, panitia harus proaktif membongkar percaloan untuk membuktikan bahwa rektrutmen CPNS itu bersih. “Praktik percaloan ini kan ibarat pepatah, bisa dirasa tapi sulit diraba,’’ kata politisi dari PKS ini kemarin.

Kasus percaloan terakhir yang berhasil diungkap aparat terjadi di Kabupaten Merangin. Pekan lalu, polisi setempat menangkap Heru (40) setelah mendapat laporan dari Tampubolon (59) dan Silitonga (45). Kedua warga itu mengaku ditipu Heru, masing-masing Rp 70 juta.
Kisahnya, Heru mengaku kepada Tampubolon dan Silitonga bisa memasukkan anak-anak mereka menjadi CPNS di Merangin pada 2006-2007 lalu. Namun janji itu tidak kesampaian. Masalahnya, Heru juga menolak mengembalikan uang yang telanjur disetor kedua warga tersebut.

Menurut Tampubolon, pada 29 Desember 2007 lalu Heru pernah mengembalikan uang, tapi baru Rp 20 juta. “Sisanya hingga kini belum dikembalikan, sampai kami melaporkan kasus ini ke polisi,” ujar Tampubolan.

Selain Heru, setidaknya kini ada empat calo CPNS yang sedang menjalani hukum, baik di kepolisian maupun di pengadilan. Yang paling menggemparkan adalah kasus penipuan peminat CPNS dengan tersangka Rominof dan dua rekannya, Sovia Haviz dan Dasmilla.
Dari persidangan di Pengadilan Negeri Jambi terungkap, selama dua tahun, 2004-2006, Rominof Cs berhasil menipu 54 peminat CPNS. Ini jumlah yang melapor. Menurut informasi, masih banyak korban Rominof cs yang tidak melapor karena malu.

Kasus tersebut terungkap setelah para korban melaporkan Rominof cs karena uang mereka tidak dikembalikan pelaku setelah tahu mereka gagal diloloskan lewat jalur kilat. Padahal dalam perjanjian, jika tidak lolos uang akan dikembalikan. Dari puluhan korban tersebut, dana yang berhasil diraup Rominof cs mencapai angka miliaran rupiah.

Ya, para calo umumnya bergerak dengan janji bisa menggolkan “kliennya” menjadi CPNS lewat jalur cepat dan menyebut nama pejabat di pemerintahan. Syaratnya itu tadi, uang pelicin antara Rp 30 sampai Rp 70 juta.

Aksi seperti Heru dan Rominof cs diyakini banyak kalangan masih berlanjut. Bahkan, pada bulan ini, ketika sebagian instansi sudah membuka pendaftaran CPNS, para calo itu sudah beraksi. Mereka juga sudah bersiap menyambut pembukaan CPNS di lingkungan Pemprov dan pemkab/pemkot dalam Provinsi Jambi.

Sayang, Panitia Pelaksana Penerimaan CPNS Pemprov Jambi tidak begitu ambil pusing dengan aksi percaloan ini. Karena itu Kepala Biro Urusan Kepegawaian Setda Provinsi Jambi Husnaini menyatakan, tidak ada antisipasi khusus untuk membendung aksi percaloan.
Saat disebutkan bahwa aksi percaloan mulai marak lagi dan bisa merugikan peminat CPNS serta merusak citra pemerintahan, Husnaini tak banyak berkomentar. “Kita berharap kali ini tidak ada calo yang bermain,” ujarnya kemarin (16/11).

Husnaini juga tidak memberikan langkah-langkah panitia untuk mengatasi percalonan. Itu karena dia sangat yakin tidak ada aksi percaloan pada penerimaan CPNS di lingkup Pemprov tidak. Jadi, “Kalau ada percalonan, itu bukan di Pemprov,” katanya.(*)

November 18, 2008 - Posted by | Test Penerimaan CPNS

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: