www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Parpol Sebaiknya Umumkan Cagub ; Jambi Ekspres Selasa 18 November 2008

 
Tuesday, 18 November 2008

Tambah Perolehan Suara Pileg

 JAMBI – Pemilihan gubernur Jambi tinggal hitungan bulan. Namun, sepertinya partai politik melupakan Pilgub yang digelar 2010.

Parpol lebih disibukkan masalah pemilihan legislative (pileg) yang akan digelar April 2009 nanti.

            Sementara, beberapa figur calon Gubernur tampak bergeliat sendiri dalam mensosialisasikan dirinya. Mereka hanya menggunakan kekuatan politik seadanya. Tidak menggunakan mesin partai politik yang memang telah tersedia.

            Sepertinya, belum ada kata sepakat antara parpol dan figur cagub. Masing – masing sibuk dengan agenda sendiri.

            Hal ini yang disayangkan oleh pengamat politk Jambi, Nasuhaidi. Dia mengatakan, jika saja parpol sejak dini menyatakan siapa kadernya yang akan dimajukan dalam pilgub, tentu akan memberikan keuntungan bagi parpol tersebut.

            ‘’Besarnya parpol bisa dilihat dari siapa figur yang ada dalam parpol itu sendiri, jika mereka sejak dini menyatakan siapa cagubnya, tentu masyarakat akan mengerti bagaimana benang mereh parpol tersebut,”jelas Nasuhaidi, kemarin.

            Nasuhaidi juga mengatakan, pengumuman nama cagub dapat mendongkrak perolehan suara bagi parpol yang bersangkutan di Pemilu 2009.

‘’Tentu ada, mereka bisa melihat arah parpol lebih jauh. Pendukung tokoh yang akan dimunculkan sebagai kandidat Gubernur juga pastinya akan lebih memilih parpol yang akan mengusung calon tersebut,”ungkap pengamat yang berdarah Kerinci ini.

            Saat ini, kata Nasuhasi, sudah nampak bayangan siapa saja yang berkeinginan untuk maju dalam pilgub 2010, mereka memiliki kans yang cukup besar.

            ‘’Ada dari pejabat provinsi, kepala daerah dan elit parpol. Parpol tinggal memilih siapa yang lebih layak dan menguntungkan baginya jika dicalonkan nanti,”pungkasnya.

            Pengamat politik lainnya, Ansorullah mengatakan, juga mengatakan hal sama. Menurut dia, pengumuman dini nama cagub mendatangkan dampak positif bagi parpol itu sendiri.

            “Tentu memberikan nilai posotif bagi parpol yang menjadi tempat ia bernaung,”ujarnya.

            Banyaknya parpol yang enggan menyebutkan nama cagub yang akan dimajukan di Pilgub 2010, kata Ansorullah, disebabkan kebijakan parpol yang tidak bisa diambil secara otonom didaerah masing-masing. ‘’Biasanya mereka masih menunggu kebijakan dari pusat,”katanya.

            Meskipun parpol belum menyatakan siapa cabubnya di pilgub 2010, diakui Dekan fakultas hokum Unja ini ada parpol yang sudah mencoba membuka wacana siapa yang akan diusungnya.

            ‘’Seperti PDIP yang sudah mulai mewacanakan Safrial atau PAN yang mulai mengungkapkan beberapa kader potensialnya,”sebut Ansorullah.

            Sementara itu, Sekertaris PDIP Provinsi Jambi, Abdul Halim, mengatakan, partainya saat ini masih berkonsentrasi pada pemilu legislatif. Namun begitu, anggota DPRD Provinsi tersebut tidak menampik jika ada beberapa kader partai yang sudah melakukan pencitraan diri.

            ‘’Pak Irsal sebagai caleg juga terus bersosialisasi. Selain itu Safrial juga layak untuk diunggulkan sebagai calon Gubernur nantinya, sebagai Bupati tentu dia banyak dikenal masyarakat,”ungkap Halim.

            Mengapa PDIP belum menentukan siapa calon gubernur yang akan diusung pada 2010? ‘’PDIP masih akan melihat jumlah perolehan suara pada Pileg 2009,’’tutur Halim.

            ‘’Kalau mau buat baju tentu harus tahu ukurannya dulu,”tambah anggota DPRD Provinsi Jambi ini..

            Sama halnya dengan PDIP, meski digadang-gadangkan memiliki banyak kader potensial yang layak dimunculkan sebagi calon Gubernur, PAN hingga saat ini belum juga memastikan siapa kandidat yang akan diusung dalam Pilgub 2010 mendatang.

            Sekertaris DPW PAN Provinsi Jambi, Chairul Naim M Anik mengatakan, jika PAN akan tetap mendahulukan pemilu legislative 2009. ‘’Jika PAN bisa memperoleh kursi 15 persen, baru kita akan bicarakan soal Pilgub,”ujarnya kemarin.

            Wakil ketua DPRD Provinsi Jambi ini tidak membantah jika beberapa orang Bupati yang diusung oleh PAN memiliki kesempatan untuk diusung PAN. ‘’Namun target kita tetap membesarkan PAN terlebih dahulu,”tandasnya. (cr4)

November 18, 2008 - Posted by | Petikan Website

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: