www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Berita Pilkada Kerinci dari Jambi Ekspres, Rabu 19 November 2008

Parpol Besar Cari Aman, Opsi Netral Di Pilkada Kerinci
Wednesday, 19 November 2008

 JAMBI – Pilkada Kerinci putaran dua sudah diambang pintu, beberapa partai politik besar hingga saat ini masih belum menyatakan sikap politiknya.

            Sebut saja Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan partai lainnya. Sampai sekarang (kemarin) partai besar ini masih bingung dalam menentukan sikapnya.

            Bahkan, PAN sendiri berkemungkinan besar memilih netral. Kemungkinan PAN netral di Pilkada Kerinci sangat besar. Terlebih lagi pernyataan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Zulkifli Nurdin beberapa waktu lalu.

            ‘’Secara pribadi saya menginginkan PAN netral. Kedua kandadat cabup itu sama-sama bagus,’’ungkapnya.

            Beberapa waktu lalu, Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi, Zoerman Manap juga mengatakan hal sama. Meski DPD II Golkar Kerinci sudah menyatakan dukungannya kepada Ami Taher-Dianda Putra, namun Ketua DPRD Provinsi Jambi menyebut dukungan itu bukan dukungan resmi Golkar.

            ‘’Sah-sah saja kalau DPD II menyatakan dukungannya. Tapi itu bukan pernyataan resmi. Yang jelas DPP dan DPD I tidak pernah menyatakan sikapnya. Kalau saya lebih baik netral, PK-PK (pimpinan kecamatan) boleh dukung siapa saja yang diinginkannya,’’ucap Zoerman.

            Opsi netral yang menjadi pilihan terakhir parpol besar ini mendapat tanggapan dari pengamat politik Jambi. Menurut Tabrani, sikap netral di Pilkada Kerinci merupakan hak politik sebuah partai.

‘’Netral itu juga merupakan sikap politik, sehingga itu tidak menyalahi aturan,”papar dosen fakultas hukum Unja tersebut.

Tidak itu saja, Tabrani mengatakan jika sikap netral itu hanya sebagai kebijakan parpol untuk kontituennya secara umum. Selain masalah kepentingan jabatan, parpol juga menghindari image negative dimasyarakat.

‘’Parpol besar itu memilih netral mungkin ingin menghindari kekalahan untuk kali keduanya. Kalau itu terjadi, maka imagenya akan jatuh dan dampaknya pada pemilu 2009,”katanya.

Pengamat politik lainnya, Zarkasi, mengatakan sikap netral yang diambil parpol merupakan langkah yang ditempuh untuk mencari posisi aman pada saat pemerintahan berkuasa nantinya.

‘’Semua parpol memiliki kepantingan di pemilu 2009 yang sebentar lagi akan digelar, jika mereka tetap netral, tentu ini merupakan langkah yang didasari kepentingan politik,”ungkapnya saat dihubungi via ponsel semalam.

Namun begitu, kata Zarkasi, jika parpol bersikap netral tentunya porsi yang akan didapat tidak lebih banyak dibandingkan jika menjadi parpol pendukung.

‘’Tentu berbeda dengan parpol pengusung, namanya saja pendukung,”pungkas Zarkasi.

Ditempat terpisah, ketua DPD PAN Kerinci Liberti, menyangkal jika artainya telah menyatakan sikap untuk netral di pilkada Kerinci putaran dua.

 ‘’kami tidak hanya merekomendasikan Netral, namun kita juga memberikan dua opsi lain yakni mendukung Ami-Dianda atau mendukung Murasman-Rahman. Putusannya ada ditangan DPW, dan saat ini belum ada keputusan resmi,”sebut Liberti.

Belum adanya sikap resmi PAN, juga dibenarkan oleh plh Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Muktar Muis. Dia mengatakan, sikap politik PAN akan ditentukan dalam waktu dekat.

‘’Kalau tidak ada halangan dalam Minggu ini kita akan tentukan sikap politik kita. Yang jelas, PAN akan mengambil keputusan yang paling menguntungkan,’’katanya.

Sementara itu, sekertaris DPD PDIP Provinsi Jambi, Abdul Halim, juga membantah jika akan mengambil kebijakan netral. Ia mengungkapkan jika partainya sampai saat ini belum menentukan sikap.

‘’Jika netral artinya kita akan menyuruh orang untuk golput, kami tidak akan netral, namun hingga saat ini kami memang belum menentukan kemana arah dukungan PDIP,”ujar Halim kemarin.

Menurut Halim, pihak DPD PDIP Provinsi Jambi akan segera koordinasikan bersama pengurus DPC PDIP Kerinci soal dukungan ini.

‘’Sabtu kami (DPD PDIP PRovinsi Jambi) akan ke Kerinci untuk membicarakan arah dukungan ini,”pungkasnya. (cr4/mil)

November 19, 2008 - Posted by | Petikan Website

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: