www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Berita Penerimaan CPNS Propinsi Jambi ; Jambi Ekspres Sabtu 29 November 2008

Pelamar CPNS Membludak
Saturday, 29 November 2008

Sarolangun 2.500, Merangin 2.122, Tebo 1.490 Orang

cpns4JAMBI – Peminat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih menjadi primadona bagi pencari kerja. 

Hal ini terbukti dari berkas lamaran yang sudah dikirimkan oleh para pencari kerja, yang jumlahnya ribuan orang, sejak pembukaan CPNS dibuka 20 November lalu.

            Di Sarolangun misalnya, lamaran yang sudah masuk ke kantor pos sudah mencapai 2.500 berkas. Di Merangin, lamaran CPNS yang   sudah masuk ke kantor pos sudah mencapai 2.122 berkas dan di Tebo lamaran yang sudah masuk ke kantor pos sudah mencapai 1.490 berkas.

Menariknya, berkas yang dimasukkan oleh pelamar tersebut, hampir 20 persen berasal dari luar daerah.

            “Sampai hari ini kita sudah menerima lebih dari 2.500 berkas pelamar CPNS Pemkab Sarolangun,” kata Kepala Kantor Pos Sarolangun Doli Muhammad, ketika ditemui harian ini disela-sela kesibukannya, kemarin.

            Menurut perhitungan Doli, setiap harinya berkas yang masuk hampir mencapai 400 berkas pelamar. Berkas-berkas yang masuk bukan hanya berasal dari Kabupaten Sarolangun, tapi banyak juga yang berasal dari luar Sarolangun.

Dibanding penerimaan CPNS tahun sebelumnya, peserta tahun ini jauh lebih banyak, mengingat formasi yang ditawarkan cukup banyak. “Kalau tahun lalu hanya formasi pendidikan S1 dan DIII, namun untuk tahun ini juga menyediakan formasi untuk pendidikan DII, selain itu jumlah formasi yang diterima tahun ini juga lebih banyak dari tahun lalu,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Merangin Drs H Amrun Yusuf saat di konfirmasikan harian ini.

‘’Bekas lamaran yang masuk telah mencapai 2.122 berkas, yakni untuk S 1 sebanyak 954, D III sebanyak 342, D II sebanyak 789 dan SPK/SMF/SMAK seban 42 berkas. Pelamar diperkirakan akan terus bertambah,’’ ungkap Kepala BKD didampingi Sekretaris BKD Drs Sulaiman Ismail M Pd dan Kabid Mutasi Gazali S Ag.

Pantauan harian ini di BKD Merangin, memang mulai hari pertama dibukanya lamaran CPNS dilingkungan Pemkab Merangin, membuat para pejabat dan staf BKD Merangin sibuk mengoreksi berkas lamaran yang diantarkan oleh petugas Pos ke BKD.

     Demikian pula yang terjadi di Tebo. Kepala Kantor Pos Muara Tebo, Ali Basyar kepada harian ini kemarin, mengatakan, berkas pelamar CPNS Pemkab Tebo setiap hari akan bertambah dan dipastikan akan membludak dari pada tahun 2007 lalu yang hanya mencapai 2.500 pelamar.

     “Untuk menambah tenaga dalam melakukan proses penghitungan berkas dan penerimaan berkas pelamar CPNS ini, Kantor Pos Tebo juga di Bantu oleh tenaga dari Pemkab Tebo, jumlahnya 1-2 orang setiap harinya. Tingginya angka pelamar CPNS ini dimungkinkan karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan, sehingga warga Tebo dan luar Tebopun ikut berburu menjadi abdi negara,”tukas Ali Basyar kemarin.

     Sementara itu pihak BKD Tebo sampai saat ini terus menerima berkas pelamar CPNS Pemda Tebo melalui kantor pos, dan jumlahnya setiap hari bertambah. Oleh panitia berkas tersebut langsung diperiksa kelengkapan administrasinya, jika tidak lengkap maka dinilai gagal.

     “Semua berkas yang masuk langsung diferivikasi, dan jika berkasnya lengkap maka akan dicatat. Jika tidak lengkap sesuai syarat yang diumumkan maka dinyatakan gugur, dan pelamar yang lulus berkas administrasi akan diumumkan mendatang,”tukas sumber dari panitia penerimaan CPNS Tebo yang keberatan namanya dikorankan. (era/uka/jenn)

December 6, 2008 - Posted by | Petikan Website

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: