www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

ITB Rekomendasikan Ibukota Kerinci ; Jambi Ekspres Rabu 10 Desember 2008

Wednesday, 10 December 2008

SUNGAIPENUH – Lembaga Afliasi dan Penelitian Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB), merekomendasikan kepada masyarakat Kerinci tiga desa untuk dapat dijadikan lokasi Ibukota Kabupaten Kerinci. Hal ini berdasarkan nantinya berbagai pertimbangan dan masukan serta hasil survey dilapangan. Tiga desa yang layak untuk dijadikan ibukota Kabupaten Kerinci yakni Desa Sanggarah Agung Kecamatan Danau Kerinci, Desa Sungai Tutung Kecamatan Air Hangat Timur dan Desa Pendung Kecamatan Air Hangat.

Koordinator LAPI ITB, DR Ir Buasa Umar Lubis MBA,PhD, mengatakan bahwa tiga desa tersebut belumlah final dan masih perlu dikaji ulang atau diseminarkan kembali. Akan tetapi, kalau dilihat dari hasil penelitian secara teknis dangan pertimbangan data-data selama penelitian dilakukan oleh tim, maka ke tiga wilayah itu memiliki kriteria dan kelebihan masing-masing. “Untuk sementara ini hasil penelitian kita merekomendasikan tiga desa itu,’’ungkapnya kepada koran ini, kemarin.

Pertimbangan untuk merekomendasikan tiga desa itu katanya, meliputi letak geografis, budaya serta potensi sekitar ke tiga wilayah tersebut yang masuk dalam kategori untuk bisa ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Kerinci. Kendati demikian terang Buasa, masih perlu adanya pengkajian ulang, karena dalam penelitian yang telah dilakukan, pihaknya tidak membicarakan persoalan politis atau kepentingan.

‘’Nantinya yang menentukan tetap masyarakat Kerinci sendiri. Namun hasil penelitian yang telah kita lakukan dapat dijadikan barometer atau dasar pertimbangan  bagi Masyarakat dan Pemerintah Kerinci untuk menentukan ibukota Kabupaten Kerinci ke depan,”jelasnya.

Perlu digaris bawahi urainya, ke tiga desa itu memiliki kriteria dan kelebihan masing-masing, dan nantinya tergantung dengan visi dan misi Pemerintah Kerinci sendiri yang sejalan dengan penentuan dan kesepakatan untuk menetapkan ibukota. Untuk diketahui, sebelumnya pernah diisukan bahwa untuk ibukota Kabupaten Kerinci akan ditempatkan di Renah Pemetik Kecamatan Air Hangat Timur yang berjarak sekitar 70 Km dari Kota Sungaipenuh.

Namun, setelah dilakukan penelitian terhadap Desa Renah Pemetik dan sekitarnya ternyata sangat tidak layak  untuk dijadikan sebagai ibukota Kabupaten Kerinci. “Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terutama ditinjau dari sisi letak giografis, budaya dan potensi maka Renah Pemetik sangat tidak memenhui persyaratan untuk bisa dijadikan sebagai ibukota Kabupaten Kerinci,” tegas Buasa Umar Lubis.

Memang setelah terbentuknya Pemerintahan Kota otonom Sungaipenuh, hasil pemekaran dari Kabupaten Kerinci kini menjadi dua daerah yakni Kabupaten Kerinci dan kota Sungaipenuh. Sebagaimana diketahui bahwa Kota Sungaipenuh sesuai dengan letaknya maka ibukotanya tetap berada di Sungaipenuh  tepatnya kantor Walikota mendatang adalah Kantor Bupati Kerinci sekarang ini. Sementara untuk Kabupaten Kerinci yang memiliki wilayah diluar lima kecamatan yakni Kecamatan Sungaipenuh, Pesisir Bukit, Hamparan Rawang, Kumun Debai dan Kecamatan Tanah Kampung yang tergabung didalam kota, maka mengacu pada UU Nomor 25 Tahun 2008 harus dipindahkan ibukotanya. (wdo)

December 10, 2008 - Posted by | Petikan Website

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: