www.NaizalNorewan.com2

Naizal Norewan World Wide

Jepang Minta Lagi 1.000 Perawat ; Jambi Ekspres 17 Desember 2008

perawat-indonesia

Jepang Minta Lagi 1.000 Perawat

 

Wednesday, 17 December 2008

Gelombang Pertama Dapat Pujian

JAKARTA – Tenaga kerja Indonesia (TKI) di bidang kesehatan memuaskan penggunanya di panti jompo Sunny Life Kimitsu, Chiba, Jepang. Karena itu, pemerintah Indonesia kembali berpeluang mendapatkan lowongan pekerjaan untuk 1.000 TKI.

’’Pemerintah Jepang menilai TKI Indonesia berperilaku baik dan mereka pun memberikan kesempatan kedua,’’ terang Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Mohammad Jumhur Hidayat kepada Jawa Pos kemarin.

Ketika berdialog dengan Jumhur di Jepang, Masayo Kawashima, pengelola panti, mengutarakan, saat ini tempatnya membutuhkan tenaga careworkers (perawat orang tua jompo) dari Indonesia, sedikitnya 1.000 orang. Tenaga perawat itu terutama diharapkan dari lulusan sekolah keperawatan. Masayo juga mengatakan, di Jepang perkembangan orang tua lanjut yang memerlukan panti jompo terus bertambah dari tahun ke tahun, sejalan semakin tingginya tingkat harapan hidup masyarakat Jepang sendiri.

Menanggapi hal itu, Jumhur berjanji menyiapkan langkah-langkah di Indonesia. Dia juga akan membicarakan pelaksanaannya dengan pemerintah Jepang, sehingga dapat memenuhi keinginan pihak Sunny Life Kimitsu pada 2009. ’’Itu juga untuk merealisasikan potensi pengiriman pekerja dengan skill profesional ke luar negeri,’’ terang dia.

Panti jompo Sunny Life Kimitsu dihuni 299 orang tua dengan usia 70 hingga 80-an tahun. Panti itu dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai, baik kamar, hiburan, sarana olahraga, kesehatan, salon, maupun makan minum yang terjaga dengan gizi yang baik. Gedungnya pun di area luas dengan bertingkat-tingkat.

Pada saat berkunjung ke sana, Jumhur mengaku sempat berdialog dengan jajaran pengurus panti dan beberapa penghuni, baik orang tua jompo wanita maupun pria. Dia bahkan mengaku terkesan dengan kebersihan dan pengelolaan panti yang rapi serta memiliki banyak kegiatan pelayanan bagi penghuninya. ’’Tentu iklim itu akan membuat perawat Indonesia kerasan,’’ terangnya.

Terkait hal itu, Duta Besar RI untuk Jepang Jusuf Anwar, menegaskan komitmennya untuk membantu penuh tugas-tugas BNP2TKI di luar negeri, terutama bagi para TKI di Jepang. Upaya bantuan perlindungan itu, kata Jusuf Anwar, akan diberikan kepada 208 TKI sektor formal program G to G (government to government) Indonesia-Jepang. Sebagian besar mereka adalah para perawat dan careworkers (pengasuh orang tua jompo) Indonesia yang ditempatkan BNP2TKI di Jepang sejak Agustus 2008.

’’Bukan saja aktif memonitor, tapi kami juga selalu berhubungan serta terbuka terhadap hal-hal apa pun yang ada pada kami untuk mereka,’’ jelas Jusuf. ’’Jadi, KBRI Tokyo ini sangat aktif dan membuka pintu lebar-lebar untuk para TKI. Jika ada informasi yang diperlukan, akan kami sampaikan langsung. Sebaliknya, jika ada persoalan, kami juga akan berada di depan mereka,’’ tambahnya. (zul/iw/kim)

 sumber: Jambi Ekspres, 17  Desember 2008

December 22, 2008 - Posted by | Petikan Website

1 Comment »

  1. Yup benar pak…
    Mudah-mudahan para TKI Indonesia khususnya di bidang medis (perawat) bisa kerasan dan dapat menambah ilmunya di negeri sakura itu.

    Comment by kincay | December 30, 2008


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: